Pemrograman Mobiille Androiid
Persiapan installasi
Untuk memprogram mobile android, penulis menggunakan IDE Eclipse Indigo, ADT 15 dan
SDK for Windows yang dapat di download disini , disini dan disini. Penulis juga menggunakan
tools lain yaitu Droid draw dan SQLite manager. Bukalah IDE Eclipse (portable), berikut
tampilan utamanya :
Untuk memprogram mobile android, penulis menggunakan IDE Eclipse Indigo, ADT 15 dan
SDK for Windows yang dapat di download disini , disini dan disini. Penulis juga menggunakan
tools lain yaitu Droid draw dan SQLite manager. Bukalah IDE Eclipse (portable), berikut
tampilan utamanya :
Klik menu Help -> Install new Software, arahkan installasi pada ADT yang telah didownload sebelumnya. Setelah diinstall, klik menu Windows – Preference, kemudian klik android dan arahkan SDK Location ke tempat penyimpanan SDK yang telah anda download seperti berikut :
Perhatikan Target Name SDK yang ada, terdapat beberapa Platform diantaranya 2.2, 2.3, dll. Sekarang anda telah memiliki beberapa platform yang dapat anda gunakan kelak untuk memprogram device android anda. Program pertamaku Program pertama yang akan kita buat adalah sebuah aplikasi mobile android untuk menampilkan tulisan “Program pertamaku” di layar android. Buatlah project baru klik File -> New Android Project untuk membuat project baru. Berikan nama project “programpertamaku”, kemudian pilih Build target seperti berikut :
Tambahkan nama package “program.pertama”. nama package harus terdiri atas dua identifier, yaitu identifier pertama “program”, dan identifier yaitu “pertama”. Dalam project ini, penulis menggunakan API SDK level 11 atau lebih terkenal dengan platform 3.0(HoneyComb).
Perhatikan pada project explorer project yang anda gunakan seperti berikut, terdapat beberapa folder diantaranya, src, res dll. Biasakan program java anda disimpan di folder src dan desain layout anda disimpan pada res -> layout.
Bukalah file ProgramPertamakuActivity.java, kemudian isikan sebagai berikut
Berikut keterangannya :
Textview tv menciptakan object tv bersumber dari class textview
Tv.settext(“M.Octaviano Pratama…”) memberikan teks kepada objek tv
setContentView(tv) mengatur layout utama dengan isinya adalah object tv
Berikut hasilnya
Textview tv menciptakan object tv bersumber dari class textview
Tv.settext(“M.Octaviano Pratama…”) memberikan teks kepada objek tv
setContentView(tv) mengatur layout utama dengan isinya adalah object tv
Berikut hasilnya
Agar layout lebih tertata dengan baik, pergunakan file xml yang dapat dijadikan sebagai konfigurasi layout. Perhatikan folder res-> layout-> main.xml yang dapat anda manfaatkan sebagai layout utama. Berikut isi dari file main.xml
0 komentar:
Posting Komentar